PUBLIC RELATION
1. Pengertian Public Relations
Pada hakekatnya Public Relations ini merupakan metode
komunikasi yang meliputi berbagai teknik komunikasi. Dimana didalam kegiatannya
terdapat suatu usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan
/ perusahaan dengan publiknya. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa Public
Relations merupakan suatu fungsi management. Disini diciptakan suatu aktifitas
untuk membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi suatu lembaga/
perusahaan disuatu pihak dengan public dipihak lain.
Berikut ini beberapa pengertian dari public relations : Menurut
Public Relations News ( Bettrand R Canfield, 1964, hal 4) “ Public Relations is
the management function which evaluates public attitudes, identifies the
polieses and procedures of public interest and executes a program of action to
earn public understanding and acceptance” (Public Relations adalah fungsi
manajemen dimana manajemen mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasi
dan mencari tahu minat masyarakat kemudian menyusun program dan melaksanakannya
untuk menciptakan pengertian di masyarakat).
Lembaga Public Relations di Amerika Serikat mendefinisikan:
Public Relations adalah “Usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan
sengaja guna membangun dan pengertian timbal – balik antara organisasi dan
masyarakatnya”. Sedangkan menurut The British Institute Of Public Relations
(Teguh Meinanda, 1989 : 36): Public Relations adalah “Keseluruhan upaya yang
dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan
dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan
segenap khalayaknya”.
2.
Tujuan dan Fungsi Public Relations
Tujuan dari public relations adalah mewujudkan hubungan yang
harmonis atau menciptakan opini public yang favorable baik internal maupun
eksternal.
Adapun fungsi dari Public Relations menurut Bettrand R.
Canfield ( 1964 : 6 ) adalah sebagai berikut :
a. Mengabdi
kepada kepentingan umum
Jika tidak untuk kepentingan publik
baik itu internal maupun eksternal, maka tidak mungkin akan tercipta suatu
hubungan yang menyenangkan. Sebaliknya suatu badan / perusahaan akan dapat
sukses apabila segala tindakannya adalah sebagai pengabdian kepada kepentingan
umum.
b. Memelihara
komunikasi yang baik
Seorang pimpinan yang melakukan
kegiatan Public Relations akan berhasil di dalam kepemimpinannya, apabila ia
ikut bergaul dengan para karyawannya. Ia harud melakukan kegiatan komunikasi
bukan saja dalam hubungan dinas tetapi juga diluar dinasnya. Misalnya dengan
mengadakan pertandingan olahraga, kegiatan anjangsana dan lain – lain.
c. Menitik
beratkan kepada moral dan tingkah laku yang baik
Seorang pemimpin yang baik dalam
tingkah lakunya akan menitik beratkan kepada moralitas, ia juga akan mempunyai
wibawa apabila tidak cacat moral dan tingkah lakunya. Ia harus menjadi teladan
bagi bawahannya.
3. Manfaat Peran Public
Relation
Membuat organisasi bersikap responsif terhadap kepentingan publik dan
kontribusinya kepada sistem informasi publik yang amat penting bagi masyarakat
demokratis dan kelangsungan hidup organisasi.
- Membantu
dan mempertahankan hubungan antara publik dengan manajemen organisasional
yang memerhatikan tanggung jawab sosial dan kepemimpinan yang bermoral
- Membantu
organisasi untuk mengantisipasi dan merespons persepsi dan opini publik.
Merespon nilai dan gaya hidup yang baru, merespons pergeseran di antara
elektorat dan di dalam lembaga legislatif, dan merespos
perubahan-perubahan lain di lingkungan.
- Membuat
informasi menjadi tersedia melalui sistem informasi publik. Dan juga
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ke publik dengan mendukung
pernyataan pendapat dan debat pasar ide yang kompetitif.
- Melayani
kepentingan publik dengan sudut pandang alternatif dalan forum publik,
termasuk suara dari orang-orang yang diabaikan oleh media massa.
- Membantu
masyarakat dengan menjadi perantara konflik dan membangun konsensus yang
dibutuhkan untuk ketertiban sosial.
- Memfasilitasi
atau membantu penyesuaian dan pemiliharaan dalam sistem sosial yang
memberi kita kebutuhan sosial dan fisik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar